Jurnal Basicedu
Vol 5, No 5 (2021): : October Pages 3001-5000

Desain Pengembangan Model Bela Banathy terhadap Pembelajaran Terpadu Pelajaran Bahasa Indonesia

Liana Liana (Universitas Katolik Santo Thomas, Indonesia)
Immanuel Silitonga (Universitas Katolik Santo Thomas, Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat desainĀ  pengembangan model bela banathy terhadap pembelajaran terpadu pelajaran bahasa Indonesia berbasisĀ  literasi digital di SD kecamatan Medan Kota. Jenis penelitian in adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan metode deskriptif kuantitatif dan kualitatif. dapun tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengembangkan desain model Bela banathy terhadap pembelajaran terpadu pada pelajaran Bahasa Indonesia berbasis literasi digital di SD Kecamatan Medan Kota. Pada penelitian ini menggunakan analisis data dengan menggunakan validitas terhadap model Bela Banathy dengan melihat beberapa aspek yaitu validitas analisa deskriptif kualitatif dan kuantitaif yang diperoelh validasi sebesar 90, 60% pada aspek tampilan, sedangkan pada aspek validitas pada operasional sebesar 96, 53dan validitas pada aspek 95,37. Data yang diperoleh tersebut dapat dikembangkan pada model Bela Banathy diaktegorikan sangat baik dan layak dalam pendukung desain analisis

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...