Jurnal Basicedu
Vol 4, No 4 (2020): October, Pages 775-1467

Pendekatan Meta-Analisis : Blended Learning terhadap Hasil Belajar DI Era Covid-19

Ayu Atika (Universitas Pendidikan Indonesia, Jawa Barat, Indonesia)
Amir Machmud (Universitas Pendidikan Indonesia, Jawa Barat, Indonesia)
Suwatno Suwatno (Universitas Pendidikan Indonesia, Jawa Barat, Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini mengkaji dari studi primer yang telah diteliti sebelumnya tentang blended learning terhadap hasil belajar. Hal ini menarik peneliti untuk mengkaji secara meta-analisis dengan 28 studi primer dari 40 studi sebab di era COVID-19 ini, pembelajaran secara tatap muka tidak mungkin dilaksanakan sehinggu perlu kombinasi pembelajaran secara online atau disebut blended learning. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan karena korelasi rerata sebesar 1,63 yang kemudian kesalahan pengambilan sampel yang menunjukkan angka presentase yang kecil sebesar 12%. Selanjutnya, dampak kesalahan pengukuran atau variasi reliabilitas dalam studi meta-analisis ini sebesar 1,4%. Sehingga dapat dikatakan bahwa ada hubungan positif antara blended learning terhadap hasil belajar

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...