Jurnal Basicedu
Vol 6, No 4 (2022): August Pages 5501-7663

Penggunaan Google Sites Materi Pecahan untuk Meningkatkan Aktivitas dan Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar

Lenthera Mega Devya (Universitas Negeri Surabaya)
Tatag Yuli Eko Siswono (Universitas Negeri Surabaya)
Wiryanto Wiryanto (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran google sites yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D. Produk media pembelajaran dibuat menggunakan platfrom google sites dengan model pengembangan ASSURE. Berdasarkan hasil analisis validitas diperoleh persentase sebesar 82,9% (valid), kepraktisan sebesar 90,6% (sangat praktis), dan efektifitas menunjukkan  nilai rata-rata pretest siswa sebesar 67,81 meningkat pada tahap posttest sebesar 84,69. Sementara hasil observasi menunjukkan perbandingan aktivitas siswa sebelum dan setelah pembelajaran menggunakan media pembelajaran google sites sebesar 53,7%. Sementara persentase peningkatan kemampuan numerasi, dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar sebesar 81,25%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...