Jurnal Basicedu
Vol 3, No 3 (2019): July Pages 850 - 993

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SENI TEMATIK DENGAN STRATEGI LESSON STUDY DI SEKOLAH DASAR

Wiwik Maladerita (Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia)
Ardipal Ardipal (Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia)
Desyandri Desyandri (Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia)
Ahmad Zikri (Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Indonesia)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini mengembangkan bahan ajar peserta didik. Model yang diharapkan dapat mencapai peningkatan output pada peserta didik. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4-D yang terdiri dari pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (dessiminate). Subjek uji coba adalah peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 03 Tapan dan penyebaran di SDN 05 Alang Rambah. Bahan ajar peserta didik menggunakan strategi Lesson Study telah dinyatakan valid, dengan rata-rata mencapai 4.32. Hasil uji praktikalitas secara keseluruhan  diperoleh persentase kepraktisan sebesar 88,2 dengan kategori sangat praktis. Selanjutnya bahan ajar peserta didik yang dikembangkan oleh peneliti telah membantu proses pembelajaran. Hasil uji efektifitas secara keseluruhan diperoleh persentase efektifitas sebesar 8,2 dengan kategori sangat efektif. Demikian, lembar kerja peserta didik yang dikembangkan oleh peneliti telah membantu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik dengan strategi Lesson Study di kelas V Sekolah  Dasar yang telah dihasilkan dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...