Jurnal Rekayasa Infrastruktur
Vol. 5 No. 1 (2019): Jurnal Rekayasa Infrastruktur

Analisis Kinerja Simpang Tak Bersinyal (Studi Kasus: Simpang Tiga Trisula Jalan Jendral Sudirman- Jalan D.I Panjaitan Kabupaten Indramayu)

Ikawati Ikawati (Universitas Wiralodra)
Janti Januarti (Universitas Wiralodra)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2019

Abstract

Volume arus lalulintas di Kabupaten Indramayu setiap tahunnya mengalami peningkatan dikarenakan jumlah kependudukan mengalami pertambahan sehingga meningkatkan jumlah kepemilikan kendaraan. Titik konflik pada simpang Tiga Trisula merupakan dampak dari pertumbuhan lalulintas yang tinggi dengan memperhatikan geometrik jalan, volume arus lalulintas, lingkungan simpang yang merupakan daerah komersil. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu melakukan survei di lapangan dengan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) Tahun 1997. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa simpang Tiga Trisula memiliki nilai arus lalulintas terbesar yaitu sebesar 5293,6 smp/jam, nilai ini jauh dari nilai kapasitas dasar yang di sarankan oleh MKJI tahun 1997 hanya 2700 smp/jam, adapun nilai derajat kejenuhan (DS) yaitu 6,65. Nilai ini jauh dari nilai yang disarankan MKJI Tahun 1997sebesar kurang dari 0,75. Karena nilai kapasitas dalam pengamatan selama 7 hari rata-rata selalu melebihi dari kapasitas dasar maka untuk menanggulanginya simpang Tiga Trisula perlu adanya perancangan ulang untuk menghindari adanya titik konflik dan kemacetan pada simpang tersebut

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jri

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Transportation

Description

Structural Engineering, Geotechnical Engineering, Hydraulic and Water Resources Engineering, Environmental Engineering, Infrastructure Maintenance and Rehabilitation Transportation Engineering, and Construction Management & Construction work health and ...