Journal Of Communication Education
Vol 10, No 2 (2016): JOCE IP

PENGARUH INFLASI DAN HARGA BBM TERHADAP DAYA BELI MASYARAKAT INDONESIA

Francisca Sestri Goestjahjanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 May 2019

Abstract

ABSTAK Peningkatan kesejahteraan bangsa melalui naiknya daya beli masyarakat adalah salah satu tujuan terwujudnya pembangunan berkesinambungan. Latar belakang permasalahan dalam penulisan ini, mengingat daya beli masyarakat Indonesia masih rendah dibandingkan negara-negara lain terlihat dari PDB perkapita 5 tahun terakhir, sehingga perlu di kaji penyebab utamanya dari waktu-kewaktu untuk mencapai daya beli yang ideal. Indonesia adalah negara yang berpenduduk besar dan menjadi tujuan pasar global para pebisnis dari mancanegara. Penulisan artikel ini menggunakan data sekunder untuk waktu selama 34 tahun, dari tahun 1982 sampai dengan tahun 2015. Analisis Regresi linier sederhana hanya untuk mengukur besarnya pengaruh variabel-variabel independen dengan variable dependen. Hasil analisis menunjukkan, bahwa variable Inflasi dan variable Harga BBM secara simultan berpengaruh signifkan terhadap Daya Beli Masayarakat. Sedangkan hubungan inflasi dengan Daya beli masyarakat di Indonesia tidak searah, menunjukkan semakin tinggi inflasi akan menurunkan Daya beli masyarakat di Indonesia. Kata kunci :VariabelInflasi, Harga BBM danDayaBeliMasyarakat Indonesia

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

joce-ip

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Journal Of Communication Eduation (JOCE IP) diterbitkan oleh LPPM Universitas Insan Pembangunan merupakan keilmuan bidang Komunikasi, Pendidikan, Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi . JOCE IP memuat tulisan-tulisan ilmiah mengenai hasil penelitian murni dan terapan di bidang Komunikasi, Pendidikan, ...