SAINSMAT: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam
Vol 9, No 1 (2020): Maret

Peningkatan Kemampuan Matematika Dasar dengan Metode Pembelajaran Langsung dan Tutor Sebaya Mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNM

I. Irwan (FMIPA Universitas Negeri Makassar)
Sahlan Sidjara (FMIPA Universitas Negeri Makassar)
Said Fachry Assagaf (FMIPA Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2020

Abstract

Kemampuan awal memiliki peran yang sangat penting baik dalam mengkonstruksi pengetahuan yang baru dipelajari, maupun mengelaborasi pengetahuan tersebut dengan yang telah dimiliki sebelumnya. Bagi pengajar, pengetahuan tentang kemampuan awal peserta didik dapat menjadi acuan dalam menetapkan titik awal pembelajaran, pendekatan dan teknik mengajar, serta program-program penunjang pembelajaran. Secara umum, pengetahuan awal mahasiswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor mulai dari latar belakang pendidikan, kondisi ekonomi, lingkungan sosial, hingga kondisi geografis daerah asal. Dalam penerimaan mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNM beberapa tahun terakhir, pihak jurusan berusaha merangkul calon mahasiswa dengan latar belakang yang cukup beragam. Proses tersebut dilakukan dengan menerapkan tiga jalur penerimaan yakni SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Tulis Lokal dengan juga memfasilitasi calon mahasiswa yang kurang mampu secara finansial melalui jalur Bidikmisi. Perlu diketahui bahwa ketiga sistem penyeleksian tersebut menilai calon mahasiswa tidak hanya dari kemampuan matematikanya saja, melainkan pada kemampuan dasar mereka secara menyeluruh, serta jejak prestasi baik akademik maupun non-akademik selama di SMA. Kata kunci: kemampuan awal, pendampingan langsung, dan tutor sebaya

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

sainsmat

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Decision Sciences, Operations Research & Management Education Physics

Description

The objective of this journal is to publish original, fully peer-reviewed articles on a variety of topics and research methods in both sciences, mathematics, its education, and applied science. The journal welcomes articles that address common issues in mathematics, sciences, education, applied ...