Equilibria Pendidikan : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi
Vol 7, No 1 (2022): May 2022

PERSEPSI SUBJEK PENDIDIKAN TERHADAP KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DAN POTENSI KEWIRAUSAHAAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Hapsari, Maulani Mega (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 May 2022

Abstract

Artikel ini mengkaji perspektif kewirausahaan dari 275 peserta didik dan 160 pendidik/pengelola di jenjang SMP serta 33 penyelenggara pendidikan/pegawai dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota yang ada di Indo- nesia. Cakupan penelitian ini perihal perspektif arah pengembangan kegiatan kewirausahaan, relevansi jenis kelamin, jenis satuan pendidikan, serta kelompok responden. Model Logit dan Gain dipergunakan untuk menganalisis data perbedaan dua rerata respons. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik yang terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler Pramuka cenderung memiliki perspektif kewirausahaan yang lebih tinggi. Sedangkan posisi jabatan di satuan pendidikan berpengaruh positif terhadap persepsi responden pada kelompok jabatan Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah, dan persepsi responden dinas pendidikan berpengaruh positif pada kelompok jabatan Kepala Seksi dan Staf. Namun demikian, hasil secara statistik tidak menunjukkan keterkaitan yang signifikan antara variabel jenis kelamin, jenis satuan pendidikan, dan usia terkait perspektif kewirausahaan. Sinergitas antara kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstraku- rikuler perlu mendorong semangat kewirausahaan dan kreativitas di peserta didik di jenjang Sekolah Menengah Pertama. Kata Kunci: Ekstrakurikuler, Kewirausahaan, Sekolah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

equilibriapendidikan

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal " Equilibria Pendidikan" (P-ISSN: 2548-6535; E-ISSN: 2615-6784).This journal published every May and November. Articles published contain scientific research results and the results of a study of books in the fields of applied economics and economic ...