Majalah Ilmiah Widyacakra
Vol 5 No 2 (2022): Majalah Ilmiah Widyacakra

PENGARUH.ELECTRONIC.WORD OF.MOUTH DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN,PEMBELIAN,PADA APLIKASI E-COMMERCE BUKALAPAK DI KOTA DENPASAR

Ni Ketut Sukanti (Unknown)
Desak Nyoman Rinawati (Unknown)
Putu Gede Denny Herlambang (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2022

Abstract

ABSTRACTThis study aims to determine the effect of, trust in purchasing decisions on the Bukalapak application in Denpasar City. This study usesa quantitative approach. The data used is data on users in Indonesia and data on complaints from Bukalapak users on the Playstore, the sampling technique is carried out through testing methods through classical testing methods, determination analysis, multiple linear analysis, partial (t test) and simultaneous testing (t test). The results of this study prove that electronic news has a positive and significant effect on purchasing decisions,trust has a positive and significant effect on purchasing decisions. Simultaneously, electronic word of moth and trust have a significant effect on purchasing decisions. Keywords: Electronic word of mouth, Trust, Purchasing Decisions ABSTRAKTujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh electronic,Word, of Mouth, kepercayaan terhadap keputusan pembelian pada aplikasi e-commerce Bukalapak, di Kota Denpasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data pengguna e-commerce di Indonesia dan data keluhan pengguna Bukalapak pada PlayStore, teknik penentuan sampel dilakukan melalui metode sampling melalui pengujian asumsi klasik, analisis determinasi, analisis linear berganda, pengujian parsial (t-test) serta pengujian simultan (f-test). Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa, electronic word, of mouth, berpengaruh positif, dan signifikan terhadap keputusan pembelian, kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan electronic word of mouth dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Kata Kunci: Electronic Word of Mouth, Kepercayaan, Keputusan, Pembelian.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

MIW

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Jurnal Majalah Ilmiah Widyacakra adalah jurnal ilmiah elektronik milik Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Institut Manajemen Pariwisata Internasional Bali (STIE BIITM) yang terbit setiap enam bulan sekali. Jurnal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengetahuan dan menyalurkan minat dalam berbagi dan ...