Usaha mikro setiap tahunnya mengalami perkembangan yang semakin meningkat, persaingan bisnis pun tidak bisa dihindari. Usaha mikro pangan olahan menghadapai berbagai persoalan seperti semakin ketatnya persaingan pasar dan juga kurangnya pemahaman tentang pemasaran bisnis. Meningkatnya jumlah usaha mikro saat ini menyebabkan keberlangsungan usaha menghadapi persaingan yang semakin ketat, hal tersebut secara tidak langsung akan mempengaruhi kinerja pemasaran pada usaha mikro. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kinerja pemasaran pada usaha mikro pangan olahan di Kelurahan Semolowaru Kota Surabaya. Sampel ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran digital dan orientasi pasar berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran. Sedangkan inovasi produk tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran. Usaha mikro pangan olahan di Kelurahan Semolowaru Kota Surabaya perlu meningkatkan penerapan inovasi produk agar lebih maksimal dalam mengembangkan usahanya sehingga kinerja pemasaran akan optimal.
Copyrights © 2022