Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemikiran Harun Nasution tentang pembaharuan pendidikan islam dan menunjukkan relevansi dari hasil pemikiran tersebut dengan konsep pendidikan islam era society 5.0. Pendekatan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis isi atau (content analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inti dari pembaharuan pendidikan islam menurut Harun Nasution adalah mengubah sistem pendidikan islam yang konvensional menuju pendidikan islam yang terbuka, mengedepankan pendidikan moral serta potensi akal untuk berpikir kritis. Adapun relevansi pemikiran Harun Nasution dengan pendidikan islam era society 5.0 adalah pertama, pendidikan islam yang maju dan berkembang sesuai perubahan zaman harus mengembangkan pola berpikir kritis. Kedua, pendidikan moral sangat diperlukan untuk membentengi diri dari pengaruh negatif era society 5.0. Ketiga, kurikulum harus berlandaskan pada moral, spiritual dan intelektual sesuai perkembangan zaman. Keempat, metode pendidikan islam yang digunakan harus mampu meningkatkan kualitas moral dan berpikir kritis peserta didik. Kelima, pendidik islam harus mampu memberi contoh yang baik dan mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, dan peserta didik harus berusaha untuk berupaya meningkatkan kualitas berpikirnya dengan memanfaatkan akal sebaik-baiknya serta moralnya agar mampu menghadapi perubahan zaman seperti era society 5.0.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022