Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Tidar mengenai junk food. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang berisi daftar pertanyaaan tentang pengetahuan dan tingkah laku mengenai junk food. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2019 dengan jumlah responden sebanyak 102 mahasiswa dari program studi Pendidikan Biologi Universitas Tidar. Analisis data meliputi analisis hasil secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian diperoleh bahwa pengetahuan mahasiswa terhadap junk food sebesar 83% dengan kriteria tinggi. Sedangkan perilaku terhadap junk food memiliki presentase sebesar 21,9% dengan kriteria rendah. Berdsarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa mahasiswa Pedidikan Biologi memiliki pengetahuan tinggi terhadap junk food, namun berbanding terbalik dengan perilaku terhadap junk food yang tergolong rendah. Artinya tidak ada korelasi antara pengetahuan yang dimiliki dengan perilaku yang diterapkan dalam kehidupan sehari hari.
Copyrights © 2020