Program studi pendidikan biologi Universitas Tidar telah memberlakukan pembelajaran daring mulai semester genap tahun akademik 2019/2020 sebagai upaya memastikan perkuliahan tetap berjalan di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kendala yang dialami mahasiswa pendidikan biologi saat pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survai deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang berisi 11 pertayaan yang dibagikan kepada mahasiswa pendidikan biologi angakatan 2018, 2019, dan 2020. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa kendala mahasiswa saat pembelajaran daring diantaranya yaitu: motivasi belajar yang menurun, lingkungan yang kurang mendukung, perangkat yang kurang memadahi, jaringan internet yang sulit, pemenuhan kebutuhan kuota, kesulitan memahami materi, kendala mengerjakan kuis, tugas maupun pengumpulannya. Prosentase responden yang mengalami kendala saat pembelajaran daring yaitu sebanyak 61,87%, sedangakan prosentase responden yang tidak mengalami kendala saat pembelajaran daring sebanyak 38,13%. Kendala yang dialami oleh para mahasiswa pendidikan biologi saat pembelajaran daring akan membuat pembelajaran daring menjadi tidak maksimal, sehingga penelitian ini diharapkan memiliki kontribusi sebagai evaluasi maupun acuan perbaikan pembelajaran agar pelaksanaan pembelajaran daring menjadi lebih baik kedepannya.Kata Kunci: Kendala, pembelajaran daring, pandemi Covid-19
Copyrights © 2020