Sebagai langkah antisipasi penyebaran cepat penyakit coronavirus 2019 (COVID-19) yang kini telah mencapai tingkat global. Akibatnya, metode pembelajaran yang digunakan di SMP dan SMA diganti dari pembelajaran tatap muka di kelas menjadi pembelajaran jarak jauh secara online, termasuk untuk IPA dan Biologi yang membuat transfer ilmu dan penanaman karakter didalam pembelajaran daring terkendala termasuk jiwa kewirausahaan dan jaga lingkungan alam. Artikel riset ini mengulas peran mata pelajaran biologi didalam mengembangkan jiwa wirausaha dan peduli lingkungan serta strategi transfer ilmu pada masa pandemi Covid-19. Artikel ini merupakan kajian literatur atau literature review yang berasal dari beberapa hasil riset sebelumnya. Terdapat beberapa strategi pembelajaran daring yang dapat dilaksanakan untuk penanaman jiwa wirausaha dan jaga lingkungan pada siswa melalui Mata Pelajaran Biologi yang telah diuji dalam riset terdahulu. Konsep Materi Biologi yang dikemas dengan praktikum pembuatan produk bisnis berbasis bioteknologi sederhana dapat dipraktekan siswa di rumah selama pandemi covid-19 sebagai upaya meningkatkan kreatifitas dan alternatif bisnis yang menjanjikan. Selain itu perlu pelatihan skill kewirausahaan terintegrasi bagi guru mata pelajaran termasuk biologi agar memanfaatkan peluang bisnis didalam konsep materi pembelajaran di kelas. Sedangkan karakter jaga lingkungan alam dapat dimulai dari sekitar rumah peserta didik itu sendiri. Salah satu strategi menanamkan karakter peduli lindungan diantaranya membuat E-Modul Berbasis Karakter Peduli Lingkungan di Masa Pandemi Covid-19 melalui mata pelajaran biologi, pemanfaatan daily journal siswa dengan memasukkan nilai karakter menjaga lingkungan dan evaluasi aktivitas harian subpoin menjaga lingkungan sekitar.
Copyrights © 2021