Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran IPA tentang keanekaragaman makhluk hidup pada siswa kelas VII F MTs Negeri Salatiga dengan pendekatan tutor sebaya. Untuk mengatasi masalah di atas, penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil dari penelitian ini adalah belum optimalnya peran siswa dalam pembelajaran juga berdampak pada kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari. Pada siklus I siswa yang tuntas belajar hanya mencapai 73,53% dengan nilai rata-rata 74,94. Siswa yang terlibat aktif dalam menemukan konsep tentang materi yang dipelajari akan lebih mudah untuk memahami dan memahami dibandingkan dengan siswa yang hanya sekedar melihat dan mengamati. Selanjutnya pada siklus II penelitian perbaikan pembelajaran difokuskan pada pemanfaatan media yang diketahui siswa. Selama proses pembelajaran, siswa tampak lebih proaktif. Hasilnya ketuntasan belajar siswa mencapai 82,35% walaupun belum mampu mencapai 100%, namun dapat dikatakan siswa sudah mencapai ketuntasan belajar karena sudah memenuhi standar ketuntasan 75%.
Copyrights © 2021