NECTAR : Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 1, No 1 (2020): NECTAR: Jurnal Pendidikan Biologi

Pengetahuan Mahasiswa Biologi mengenai Binomial Nomenclature Makhluk Hidup di Universitas Tidar

Ghina Tsalatsatunnisa (Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tidar)
Nabilah Sausan Almaas (Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tidar)
Danik Indah Sukmawati (Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tidar)
Dwi Nikmatul Izzah (Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tidar)
Nastiti Rahayu Pujiyanti (Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tidar)
Wiwit Indriyani (Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Tidar)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Tidar mengenai Binomial Nomenclature. Data yang dikumpulkan merupakan hasil dari tes keterampilam dan kuisioner mengenai Binomial Nomenclature. Dari 100 responden terdiri dari 50 Mahasiswa Pendidikan Biologi Semester 1 dan 50 Mahasiswa Pendidikan Biologi Semester 3 diperoleh hasil yaitu pada angket yang dibagi menjadi tiga aspek yang pertama untuk Mahasiswa Pendidikan Biologi Semester 1 aspek pengetahuan dengan kriteria baik sebanyak 70% mahasiswa, cukup 20% dan kurang 10%, aspek pemahaman dengan kriteria baik 42% mahasiswa, cukup 34%, dan kurang 24% mahasiswa, terakhir aspek penerapan dengan kriteria baik 22%, cukup 38%, dan kurang 40%. Mahasiswa Pendidikan Biologi Semester 3 memperoleh data sebagai berikut aspek pengetahuan dengan kriteria baik sebanyak 76% mahasiswa, cukup 16% dan kurang 8%, aspek pemahaman dengan kriteria baik 48% mahasiswa, cukup 26%, dan kurang 26% mahasiswa, terakhir aspek penerapan dengan kriteria baik 38%, cukup 22%, dan kurang 40%  Sedangkan pada tes keterampilan pengetahuan nama latin pada kehidupan sehari-hari diperoleh data hanya 35 semester 1 dan semester 3 yang mampu menjawab serta pada test kedua tentang cara penulisan binomial nomenclature,  37% mahasiswa semester 1 dapat menuliskan dengan benar dan 63% mahasiswa semester 3 dapat menuliskan dengan benar. Jadi dapat disimpulkan bahwa sebagian besar mahasiswa mengetahui apa itu Binomial Nomenclature namun tidak dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari serta mahasiswa semester 3 memiliki tingkat pengetahuan yang lebih baik disbanding mahasiswa semester 1.

Copyrights © 2020