Teknologi informasi telah berkembang sangat pesat, salah satunya bisa dimanfaatkan dalam dunia pendidikan. Teknologi tersebut berdampak positif dalam sebuah pembelajaran yaitu dengan adanya teknologi e-learning. Pembelajaran berbasis e-learning dapat menjadi salah satu solusiĀ dari teknologi alternatif untuk digunakan dalam proses pembelajaran di masa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektivan pembelajaran berbasis e-learning pada materi sistem peredaran darah sebagai alternatif pembelajaran biologi di masa pandemi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif menggunakan instrumen jenis angket respon siswa terhadap fasilitas e-learning dan melakukan wawancara terhadap guru dan siswa mengenai hasil ulangan harian selama penggunaan e-learning. Penelitian ini menghasilkan bahwa penggunaan e-learning menunjukkan bahwa secara keseluruhan cukup efektif dengan tingkat kecenderungan 72,7%. Hasil respon ini menunjukkan respon yang baik terhadap penggunaan e-learning. E-learning pada materi sistem peredaran darah telah memenuhi kriteria validitas konten atau isi dan mendapat tanggapan yang sangat baik dari siswa dengan dibuktikan adanya nilai ulangan harian siswa-siswi yang memenuhi KKM. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi alternatif pembelajaran biologi yang lebih efektif.
Copyrights © 2021