Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hipotesispengaruh model pembelajaran TANDUR terhadap hasil belajarBiologi. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X SMAN 104Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan untuk menganalisisadalah metode eksperimen. Berdasarkan analisis persyaratan datadengan menggunakan metode liliefors diperoleh Lo pada pembelajaranmenggunakan model pembelajaran TANDUR adalah 0,08 dan Ltabel0,173 ternyata Lo < Ltabel (0,08 < 0,173). Sedangkan padapembelajaran menggunakan media konvensional diperoleh Lo adalah0,08 dan Ltabel 0,173 ternyata Lo < Ltabel (0,08 < 0,173), maka dapatdisimpulkan bahwa data kedua kelompok tersebut berdistribusinormal. Selanjutnya hasil uji homogenitas dengan uji F diperolehFhitung < Ftabel (1,44 < 1,98), maka dapat disimpulkan bahwa keduakelompok data tersebut bersifat homogen. Berdasarkan pengujian uji tbeda rata-rata diperoleh hasil thitung > ttabel (3,755 > 2,0294), makahipotesisnya H0 ditolak dan diterima H1. Berdasarkan analisistersebut, maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajarBiologi dengan menggunakan model pembelajaran TANDUR lebihtinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan modelpembelajaran konvensional. Dengan demikian model pembelajaranTANDUR memiliki pengaruh terhadap hasil belajar Biologi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018