Prosiding University Research Colloquium
Proceeding of The 7th University Research Colloquium 2018: Bidang Pendidikan, Humaniora dan Agama

Model Pembinaan Guru Ips Berbasis Lesson Study Dalam Implenatasi Kurikulum Nasional di SD Muhammadiyah Kartasura

Tjipto Subadi (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Sabar Narimo (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
D Dahroni (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan pemahaman secaramendalam tentang: Model pembinaan guru IPS berbasis lesson studydalam implementasi Kurikulum Nasional di SD MuhammadiyahKartasura. Pendekatan penelitian; kualitatif fenomenologi, paradigmanyadefinisi social, bergerak pada kajian mikro, Lokasipenelitian; di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kartasura. Subjakpenelitian; guru-guru SD Muhammadiyah sebanyak 30 orang.Informan penelitian; guru, Kepala Sekolah, dan Kepala Dinas. Teknipengumpulan data; menggunakan metode observasi, tes, danwawancara; Teknik analisis data; menggunakan teori first orderunderstanding dan second order understanding. Sedangkan aluranalisis data; reduksi data,penyajian data, dan kesimpulan. Hasilpenelitian; Model pembinaan guru IPS berbasis lesson study, dalamimplementasi Kurikulum Nasional di SD Muhammadiyah Kartasura,menggunakan tiga pendekatan, yaitu: workshop dan pelatihan, peerteaching, dan pendampingan pembelajaran.

Copyrights © 2018