Prosiding University Research Colloquium
Proceeding of The 7th University Research Colloquium 2018: Bidang Pendidikan, Humaniora dan Agama

Mengungkap Isi Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an Surat Al-Ashr Ayat 1-3

M Muthoifin (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2018

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memetakan karakteristikkarakteristikdari isi pendidikan Islam yang terdapat dalam Surat al-Ashar Ayat 1-3. Karena dilihat dari sudut pandang ajaran Islamternyata isi pendidikan Islam memiliki kriteria-kriteria yang unik danberbeda dengan pendidikan lain pada umumnya, baik dari sisi isinya,dasar, tujuan, kurikulum, metode, definisi, visi dan misinya. Untuk itupendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah theologiesnormatif,dengan jenis metode kualitaif, dan dengan menggunakanteknik analisis content analysis dan deskriptif. Hasil dari penelitianditemukan bahwa isi dan inti dari pendidikan yang ada dalam surat al-Ashr ayat 1-5 secara eksplisit dan inplisit mengandung 5 (lima) unsuryang harus diaplikasikan secara bersama-sama, yaitu: 1. Unsurkeimanan, 2. Unsur keilmuwan, 3. Unsur amaliyah, 4. Unsur akhlak,dan 5. Unsur sosial. Dan ternyata kelima unsur ini harus ada danberjalan secara beriringan, dinamis, utuh, tidak parsial, dan salingmelengkapi.

Copyrights © 2018