Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia
Vol. 1 No. 2 (2022): Agustus

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa

Ikhlas, Al (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari Prasiklus, Siklus I, Silus II dan Siklus III.  Tiap siklus  terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Data hasil belajar siswa diperoleh menggunakan tes setiap akhir siklus dan aktivitas siswa diperoleh dengan menggunakan lembar observasi aktivitas siswa selama pembelajaran dilaksanakan. Analisis data terhadap aktivitas siswa dalam Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray (TSTS)  pada pra siklus, siklus I, siklus II dan siklus III sudah berhasil dengan baik. Analisis rata-rata ketuntasan belajar siswa pada prasiklus mencapai 50,87%, pada siklus I mencapai 60,6%, siklus II mencapai 63,6% dan siklus III mencapai 72,93%. Berdasarkan persentase pada siklus III dapat dikatakan bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kerinci telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray (TSTS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Kerinci.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Papanda Publisher. Jurnal ini terbit setiap 6 bulan atau dua kali dalam satu tahun. Artikel-artikel yang diterbitkan jurnal ini adalah artikel karya ilmiah, studi pustaka atau hasil penelitian yang dilakukan oleh pendidik di Indonesia, baik itu guru, dosen, maupun ...