Journal of Civic Education
Vol 3 No 3 (2020): Journal of Civic Education

Reaktualisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembangunan Nagari

Fanny Afri Dewi (Universitas Negeri Padang)
Fatmariza Fatmariza (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2020

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi nilai-nilai kearifan lokal di Nagari Canduang Koto Laweh. Penelitian ini dilatarbelakangi karena nilai-nilai kearifan lokal merupakan suatu kebiasaan yang menjadi tradisi secara turun temurun oleh adat daerah di berbagai wilayah. Kearifan lokal bagi masyarakat dapat diartikan sebagai suatu pedoman dalam bersikap dan bertindak dengan sesamanya dalam upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Informan ditentukan secara purposive sampling, Data yang didapat melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan melalui triangulasi. Teknik analisis data menggunakan tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat cukup banyak nilai-nilai kearifan lokal di Nagari Canduang Koto Laweh yang dapat menunjang pembangunan nagari. Nilai-nilai kearifan lokal tersebut terimplementasikan dalam bentuk nilai kepemimpinan, nilai partisipasi masyarakat, nilai kesetaraan gender, nilai pendidikan dan nilai ekonomi. Implementasi nilai-nilai kearifan lokal tersebut dapat dilihat dalam pelaksanaan pemerintahan nagari, seperti organisasai kemasyarakatan dan lembaga adat.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jce

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

JCE mengundang para sarjana, peneliti, praktisi, dan mahasiswa pascasarjana untuk mengirimkan artikel ilmiah mereka yang berasal dari penelitian, studi, dan ulasan buku di bidang pendidikan kewarganegaraan, pendidikan moral, studi interdisipliner dalam bidang politik, hukum, sosiologi, sejarah, dan ...