Journal of Civic Education
Vol 5 No 3 (2022): Journal of Civic Education

Pemberdayaan Perempuan Istri Nelayan pada Kelompok ‘Putri Bahari’ di Pantai Ketaping Padang Pariaman

Nadhatul Mardiah (Universitas Negeri Padang)
Isnarmi Isnarmi (Universitas Negeri Padang)
Fatmariza Fatmariza (Universitas Negeri Padang)
Maria Montessori (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemberdayaan perempuan istri nelayan pada kelompok Putri Bahari di pantai Ketaping Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Informan penelitian yaitu Kepala Dinas perikanan Padang Pariaman, Ketua Kelompok Putri Bahari, Sekretaris Putri Bahari Anggota Kelompok Putri Bahari dan Suami para istri kelompok Putri Bahari. Teknik pengumpulan data yang digunakan Observasi, Wawacara dan Dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triagulasi data. Kemudian teknik analisis data dilakukan dengan tiga kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyaknya masalah dan hambatan yang terjadi pada pemberdayaan perempuan istri nelayan kelompok putri bahari di pantai ketaping. Adapun masalah yang terjadi pada kelompok ini yaitu, pertama bahwa pada umumnya masyarakat nelayan tradisional ini masih merupakan masyarakat miskin. Hal tersebut terlihat dari semua anggota kelompok memiliki tingkat perekonomian yang masih rendah. Kedua masih banyaknya kelompok putri bahari yang berpendidikan rendah. Ketiga kurangnya partisipasi kelompok dalam mengikuti kegiatan pemberdayaan, terutama dalam rapat-rapat terkait pengelolaan putri bahari bahkan ada yang tidak mau mengikuti kegiatan-kegiatan dalam kelompok tersebut. Keempat masih kurangnya pengetahuan para anggota kelompok putri bahari dalam menggunakan teknologi untuk memasarkan produknya secara luas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jce

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

JCE mengundang para sarjana, peneliti, praktisi, dan mahasiswa pascasarjana untuk mengirimkan artikel ilmiah mereka yang berasal dari penelitian, studi, dan ulasan buku di bidang pendidikan kewarganegaraan, pendidikan moral, studi interdisipliner dalam bidang politik, hukum, sosiologi, sejarah, dan ...