Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola pembinaan karakter pada Rumah Anak Sholeh. Rumah anak sholeh adalah lembaga non formal berupa rumah singgah bagi anak-anak yang berusia 6- 12 tahun atau setara siswa Sekolah Dasar yang mengutamakan pendidikan karakter. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Informan penelitian ini adalah mentor Rumah Anak Sholeh, manager Rumah Anak Sholeh, murid Rumah Anak Sholeh dan orang tua murid Rumah Anak Sholeh. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data yaitu tringulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pembinaan karakter (religius, disiplin dan bersahabat) pada Rumah Anak Sholeh menggunakan berbagai metode. Metode pembiasaan dan metode mau’idah atau nasehat untuk membina karakter religius, metode pembiasaan dan metode keteladanan untuk membina karakter disiplin dan metode hiwar atau dialog, metode Qisah atau cerita, metode bermain peran, metode pembelajaran partisipatif, dan metode CTL (Contextual Teaching and Learning) atau penerapan dalam kehidupan sehari-hari untuk membina karakter bersahabat.
Copyrights © 2021