ujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui permasalahanimplementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran PAI di SMKMuhammadiyah Salaman; dan (2) Untuk menganalisis kemungkinansolusi dari permasalahan implementasi Kurikulum 2013 di SMKMuhammadiyah Salaman. Penelitian ini merupakan penelitiankualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi,dan dokumentasi. Analisis data meliputi: Reduksi Data, PenyajianData dan Kesimpulan. Hasil Penelitian ini adalah: (1) Problemimplementasi menyangkut 3 hal yaitu: perencanaan, pelaksanaan, danevaluasi. Problem utama yang terjadi dalam perencanaan adalahpersiapan guru dalam menyiapkan media pembelajaran. Hal tersebutkarena belum semua guru familier dengan Teknologi Informasi danKomunikasi (TIK) yang merupakan media penting dalamimplementasi Kurikulum 2013. Problem utama dalam Pelaksanaanadalah banyaknya tugas yang diberikan guru kepada siswa,menjadikan siswa merasa terbebani. Hal tersebut menjadikan banyaksiswa yang tidak menjalankan tugas dari guru. Sedangkan Problemutama pada masalah evaluasi yaitu guru masih kesusahan dalammenilai aspek ketrampilan dan sikap. Aspek yang memberatkan disini adalah guru masih berfikir Kurikulum 2013 itu masih samadengan KTSP. (2) Solusi Problem yaitu: (1) dalam hal perencanaanyaitu merubah mindset guru agar guru berkomitmen tinggi dalamrangka implementasi kurikulum 2013. Untuk merubah mind set ini,hal yang dilakukan sekolah adalah mengirim guru mengikutipelatihan dan workshop. (2) Dalam hal pelaksanaan, upaya gurudalam mengatasi problem tersebut yaitu pendayagunaan lingkungansebagai sumber belajar perlu ditingkatkan, disamping memperkayadiri dengan model-model pembelajaran berbasis SCL. (3) Dalam halevaluasi, alternatif mengatasi problem yang berkaitan denganperlunya guru meningkatkan pemahaman dalam hal penilaianotentik.
Copyrights © 2021