Masalah yang akan diteliti dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran inqury terbimbing terhadap hasil belajar teknik dasar permainan bolavoli pada siswa kelas V SDN Lanona, (2) Bagaiman pengaruh model inquiry terbimbing terhadap hasil belajar teknik dasar permainan bolavoli pada siswa kelas V SDN Lanona. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui, secara eksplisit penelitian ini akan meningkatkan pembelajaran permainan bolavoli melalui model inquiry terbimbing di SDN Lanona. Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek peneliti ini adalah satu orang guru penjas dan siswa kelas V di SD Negeri Lanona yang berjumlah. 45 orang siswa. Kesimpulan penelitian pengajaran bolavoli melalui model inquiry terbimbing dalam Tatar belakang penelitian tindakan kelas bahwa model inquiry terbimbing dapat meningkatkan keterampilan teknik dasar pada bolavoli sehingga siswa dapat mengaplikasikannya kedalam permainan bolavoli.
Copyrights © 2014