Masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah terdapat pengaruh program latihan terhadap keterampilan servis floating dalam permainan bola voli pada Siswa SMA Negeri I Manado. Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh program latihan terhadap keterampilan servis floating dalam permainan bola voli pada Siswa Puteri SMA Negeri I Manado. Hipotesa Penelitian : Terdapat pengaruh program latihan terhadap keterampilan servis floating dalam permainan bola voli pada Siswa Puteri SMA Negeri I Manado. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan perlakuan berupa latihan servis floating yang diberikan selama delapan minggu. Populasi adalah siswa Puteri SMA Negeri I Manado yang memilih ekskul bola voli sebanyak 20 orang dan sampel berjumlah 20 orang yang diambil secara acak, kemudian dibagi menjadi dua kelompok masing-masing 10 orang kelompok eksperimen dan 10 orang pada kelompok kontrol. Instumen pengumpulan data : Tes Servis Dalam Permainan Bola Voli . Rancangan penelitian menggunakan : randomized control groups pre-test and post-test design. Pengujian hipotesa menggunakan teknik statistik dengan Uji t. Dari hasil analisis hipotesa, diperoleh tobservasi senilai 6,56 sedangkan ttabel yang diperoleh dari derajat kebebasan n-1 + n2 â 2 yaitu 10 + 10 â 2 = 18 dan taraf keyakinan   = 0,05 adalah 1,73. Sesuai dengan kriteria pengujian terima Ho jika t observasi lebih kecil dari t tabel dan tolak Ho jika t observasi lebih besar dari t tabel. Oleh karena t observasi lebih besar dari t tabel maka hasil analisis menunjukkan tolak Ho dan terima Ha. Kesimpulan penelitian : Program latihan yang diberikan selama delapan minggu dengan frekuensi tiga kali seminggu dapat meningkatkan keterampilan servis floating dalam permainan bola voli pada Siswa Puteri SMA Negeri I Manado. Kata Kunci : Program Latihan Keterampilan Servis Floating, Bola Voli
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2014