Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah  Apakah bahasa yang digunakan menyampaikan materi pembelajaran sudah dapat dipahami dan dimengerti oleh siswa dan aapakah sudah diberikan latihan-latihan mengenai kebiasaan hidup sehat dikelas III? Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan perhatian siswa terhadap materi pelajaran dan menerapkan peningkatan pengetahuan kebiasaan hidup sehat kelas tiga SD Negeri Inpres Wadio Distrik Nabire barat. Metode dalam penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Disain penelitian tindakan kelas yang digunakan dalam penelitian ini adalah disain yang terdiri dari empat komponen menurut Dirjen Dikti (1993). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Inpres Wadio distrik Nabire Barat. Sampel yang digunakan 27 siswa Negeri Inpres Wadio distrik Nabire Barat. Hasil penelitian pada siklus kedua sebagai siklus terakhir menunjukkan bahwa sebagian besar yaitu 92,59% siswa dinyatakan memiliki tingkat kategori yang sangat aktif terdiri dari 25 siswa dan 2 siswa yang berada pada kategori aktif sebesar 7,41%. Kesimpulan penelitian menyatakan tindakan dengan pemberian media audio visual  dalam proses belajar mengajar pendidikan jasmani dan kesehatan pada siswa â siswi kelas III SD Negeri Inpres Wadio Distrik Nabire Barat berhasil meningkatkan pengetahuan dan kebiasaan hidup sehat. Kata kunci : Pengetahuan, Kebiasaan Hidup Sehat, Media Audio Visual
Copyrights © 2014