Jurnal Vini Vidi Vici
Vol 2, No 2 (2014): Ilmu Keolahragaan

UPAYA PENINGKATAN TEKNIK DASAR GULING KE BELAKANG MELALUI METODE TUTOR SEBAYA DI KELAS IV SD NEGERI 03 NABIRE

Salim, Munira (Unknown)
Rumondor, Djoni (Unknown)
Podung, Beatrix J. (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2014

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan metode tutor sebaya dapat meningkatkan pencapaian proses pembelajaran teknik dasar gerakan guling ke belakang pada siswa kelas IV SD Negeri 03 Nabire ? Tujuan penelitian ini adalah untuk memberi arah yang jelas tentang maksud dari penelitian yaitu untuk memperbaiki pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SD khususnya pembelajaran guling belakang dengan metode /pendekatan tutor sebaya dapat meningkatkan siswa untuk mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada siswa kelas IV SD Negeri 03 Nabire. Subjek penelitian ini adalah siswa/siswi kelas IV yang berjumlah 30 siswa yang terbagi menjadi 16 laki-laki dan 14 perempuan. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan pada bulan  Juli 2014 sampai akhir September 2014 di kelas IV SD Negeri 03 Nabire Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan melalui 2 siklus, terdiri dari empat tahap kegiatan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi untuk melihat dan memperbaiki pembelajaran teknik dasar gerakan guling ke belakang melalui metode tutor sebaya. Metode pembelajaran terkait erat dengan cara penyajian bahan ajar yang dilakukan  guru. Kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan  berpusat pada guru (teacher  center) dianggap terlalu membosankan terlebih pendidikan jasmani terbiasa dilakukan di lapangan dalam suasana terbuka dan lebih pada permainan ruangan kelas dianggap membosankan. Berdasarkah hasil-hasil penelitian tindakan kelas dan kondisi pembelajaran melalui permainan tradisional dan hipotesis dapat  diajukan beberapa hipotesis yaitu : terdapat peningkatan kemampuan kerjasama dan sportifitas pada kelompok yang berjumlah 5 sampai 7 siswa kelas VI melalui kegiatan pembelajaran dengan permainan  tradisional. Berdasarkan hasil pengolahan data dan observasi di lapangan baik terhadap perilaku siswa dan kemampuan guru memberikan pembelajaran  teknik dasar guling kebelakang melalui metode tutor sebaya menunjukkan peningkatan. Kata Kunci : Teknik Dasar, Guling Ke Belakang, Metode Tutor

Copyrights © 2014