Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pemohon secara parsial maupun simultan. Metode pengumpulan data untuk pengujian hipotesis menggunakan pengisian kuesioner yang ditunjukan kepada 75 responden pemohon yang menerima pelayanan pembuatan sertifikat tanah di BPN Kota Bandung. Berdasarkan hasil koefisien regresi yang menunjukan arah positif antara variabel kualitas pelayanan terhadap variabel kepuasan pemohon, dapat disimpulkan bahwa apabila kualitas pelayanan (X) meningkat maka kepuasan pemohon (Y) juga akan meningkat ataupun sebaliknya. Hasil Koefisien Determinasi (R2) sebesar 0,845 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel kualitas pelayanan (X) terhadap variabel kepuasan pemohon (Y) yaitu sebesar 84,5%. Berdasarkan hasil koefisien determinasi secara parsial, menunjukan diantara keseluruhan indikator kualitas pelayanan, empati memiliki pengaruh yang paling besar terhadap kepuasan pemohon, kemudian disusul oleh indikator keyakinan, keandalan, keresponsifan, serta indikator yang memiliki pengaruh paling lemah terhadap kepuasan pemohon ialah indikator bukti fisik. Berdasarkan hasil uji t, seluruh hipotesis diterima dengan artian bahwa indikator keandalan, keresponsifan, keyakinan, empati, serta bukti fisik seluruhnya memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pemohon
Copyrights © 2022