NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 9, No 8 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SMARTPHONE SAMSUNG GALAXY S SERIES

Kevin Refauzi (urusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Singaperbangsa Karawang)
Salim Siregar (urusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini didasari pada perkembangan teknologi yang semakin maju, terutama dalam industri smartphone. Berkembangnya teknologi yang menyebabkan terjadinya persaingan antara produsen smartphone di seluruh dunia. Penelitian ini juga membahas bagaimana perusahaan Samsung berusaha untuk mempertahankan dan menarik kembali minat konsumen agar menggunakan smartphone Samsung. Persaingan antara produsen smartphone membuat perusahaan smartphone Samsung mengalami penjualan yang naik dan turun secara tidak stabil. Harga yang masih dianggap terlalu tinggi dengan kualitas produk yang belum maksimal disinyalir sebagai salah satu penyebab penurunan penjualan yang terjadi. Untuk itu Samsung menggunakan brand ambassador BTS dalam upaya meningkatkan kembali angka penjualan smartphone Samsung Galaxy S Series. Dalam penelitian ini bermaksud untuk melihat bagaimana pengaruh harga, kualitas produk, dan brand ambassador terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung Galaxy S Series di Erafone Megastore ITC Roxy Mas Jakarta. Pada penelitian ini akan menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan analisis korelasi serta yang akan menjadi subjek penelitian adalah konsumen pengguna smartphone Samsung Galaxy S Series yang pernah melakukan pembelian smartphone Samsung Galaxy S Series di Erafone Megastore ITC Roxy Mas Jakarta. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, analisis deskriptif, analisis verifikatif, analisis korelasi, analisis jalur, uji parsial (T), uji simultan (F), analisis koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa variabel harga, kualitas produk, dan brand ambassador berpengaruh secara positif dan siginifikan terhadap keputusan pembelian.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...