Rumusan masalah : Apakah dengan penggunaan metode bagian dan pemberian tugas, akan terjadi peningkatan keaktifan, peningkatan motivasi, yang pada akhirnya juga hasil belajar pendidikan jasmani dapat meningkatkan pada siswa kelas V SD INPRES Kota Baru Nabire? Tujuan yang akan dicapai dalam pelaksanaan proses belajar mengajar dengan metode bagian dan penugasan, adalah untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan keaktifan siswa, peningkatan motivasi siswa, yang pada akhirnya juga meningkatkan hasil belajar pendidikan jasmani kelas V SD INPRES Kota Baru. Subjek penelitian adalah seluruh siswa yang ada dikelas V SD INPRES Kota Baru, berjumlah 42 orang, yang terdiri dari laki-laki 20 siswa dan perempuan 22 siswa. Tempat pelaksanaan penelitian di SD INPRES Kota Baru Distrik Nabire. Dari pelaksanaan tindakan kelas selama tiga bulan, maka efek dari keberhasilan dalam proses yang dilakukan dengan terjadinya perubahan-perubahan pada diri siswa dan guru, maka adapun hasil belajar yang diperoleh oleh siswa-siswa setelah dilakukan penilaian adalah rata-rata 8,3. Hasil belajar yang diperoleh ini, menunjukan telah terjadi perubahan dari hasil yang diperoleh sebelum dilakukan tindakan kelas. Dimana sebelumnya nilai rata-rata 6,2 Kesimpulan dalam penelitian ini, pelaksanaan proses belajar mengajar dengan metode bagian dan penugasan, meningkatkan keaktifan siswa, meningkatkan motivasi belajar siswa, perhatian, keseriusan, tanggapan, semangat dan kehadiran siswa kelas V SD Inpres Kota Baru Nabire. Pelaksanaan proses belajar mengajar dengan metode bagian dan penugasan, meningkatkan hasil belajar pendidikan jasmani, baik secara teori maupun praktek pada siswa kelas V SD Inpres Kota Baru Nabire. Kata Kunci : Teknik Dasar, Pasing Atas, Â Pasing Bawah
Copyrights © 2014