Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, apakah dengan penggunaan metode bagian dan pemberian tugas akan terjadi peningkatan keaktifan, peningkatan motivasi yang pada akhirnya juga hasil belajar pendidikan jasmani dapat meningkat pada siswa kelas V SD Negeri Inpres Waroki. Tujuan yang akan dicapai dalam pelaksanaan proses belajar mengajar dengan metode bagian dan penugasan adalah untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan keaktifan, peningkatan motivasi yang pada akhirnya juga hasil belajar pendidikan jasmani dapat meningkat pada siswa kelas V SD Negeri Inpres Waroki. Objek penelitian adalah seluruh siswa yang ada dikelas V SD Negeri Inpres Waroki berjumlah 25 orang, yang terdiri dari jenis kelamin laki-laki 17 siswa dan jenis kelamin perempuan 8 siswa. Tempat pelaksanaan penelitian di Nabire Distrik Nabire kelurahan Waroki yang memiliki halaman yang cukup memadai untuk praktek olahraga. Prosedur pelaksanaan penelitian meliputi : perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus/putaran. Dari hasil pelaksanaan penelitian tindakan kelas selama tiga bulan, maka efek dan keberhasilan dalam proses yang dilakukan dengan terjadinya perubahan â perubahan pada diri siswa dan guru, maka adapun hasil belajar yang diperoleh oleh siswa â siswa setelah dilakukan penilaian adalah rata â rata 7,3. Hasil ini menunjukkan telah terjadi perubahan dari hasil yang diperoleh sebelum dilakukan tindakan kelas, dimana sebelumnya nilai rata â rata 6,2. Dengan demikian terjadi peningkatan sebesar rata â rata 1,2. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah, pelaksanaan proses belajar mengajar yang dilakukan dengan menggunakan metode bagian dan penugasan, meningkatkan keaktifan siswa, meningkatkan motivasi belajar siswa, perhatian, keseriusan, tanggapan, semangat, kehadiran siswa dan meningkatkan hasil belajar pendidikan jasmani baik secara teori maupun praktek pada siswa kelas V SD Negeri Inpres Waroki. Kata Kunci : Teknik Dasar, Pasing Atas, Bola Voli
Copyrights © 2014