Rumuskan masalah : Apakah dengan penugasan, demonstrasi, pembagian tugas akan meningkatkan keaktifan, motivasi, meningkatkan pendidikan jasmani bagi siswa kelas V SD Negeri Inpres Legari Jaya Distrik Makimi Kabupaten Nabire. Tujuan yang ingin dicapai dalam proses belajar mengajar dengan metode bagian dan demonstrasi adalah terjadinya peningkatan keaktifan siswa yang pada akhirnya juga terlihat hasil belajar pendidikan jasmani yang memuaskan pada siswa kelas V SD Negeri Inpres Legari Jaya Distrik Makimi Kabupaten Nabire. Subyek penelitian adalah seluruh siswa yang ada di kelas V SD Negeri Inpres Legari Jaya,Makimi Kabupaten Nabire berjumlah 20 orang yang terdiri dari jenis kelamin laki-laki dan perempuan. laki-laki 9 orang dan perempuan 11 orang. Tempat penelitian di SD Negeri Inpres Legari Jaya,Makimi Kabupaten Nabire. Prosedur pelaksanaan penelitian meliputi: perencaanaan,tindakan,observasi dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus atau putaran. Pencapaian yang terjadi pada pembelajaran penjaskes siswa aktif mengikuti gerakan -gerakan dan bermain dengan tugas kelompok dan individu secara demonstrasi tugas dengan baik hingga selesai dengan nilai yang memuaskan sesuai dengan tujuan yang dicapai. Dari hasil pelaksanaan perbaikan pembelajaran siklus I dan II dan analisa data nilai siswa, maka dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut : Perbaikan pembelajaran dan meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi pelajaran atletik lari jarak pendek. Dengan membuat perencanaan pembelajaran yang baik.persiapan alat olahraga yang digunakan serta penguasan materi sangat menunjang pelaksanaan kegiatan pembelajaran olahraga atletik lari jarak pendek. Penguasaan materi pelajaran oleh siswa dapat tercapai dengan baik setelah melakukan siklus I dan II perbaikan pembelajaran. Penguasaan materi sangat menunjang dan meningkatkan prestasi belajar atletik lari jarak pendek. Dengan bimbingan guru yang baik serta dapat menguasai siswa secara individu dan kelompok dapat penguasaan siswa. Kata Kunci : Pengetahuan, Atletik, Lari Jarak Pendek
Copyrights © 2014