Rumusan masalah ini: Apakah dengan menggunakan media bercerita tentang menirukan hewan berjalan, dapat meningkatkan kemampuan gerak dasar jalan. Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah : meningkatkan gerak dasar jalan melalui cerita tentang menirukan hewan berjalan pada siswa kelas I SDN Inpres 02 Bumiraya Nabire. Metodologi Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas I SDN Inpres 02 Bumiraya Nabire yang berjumlah Laki-Laki = 19 orang dan Perempuan = 13 orang. Dari kegiatan kelas selama 3 minggu, maka dari efek dari keberhasilan dalam proses yang dilakukan dengan terjadinya perubahan â perubahan pada diri siswa dan guru,maka adapun hasil belajar ang diperoleh oleh siswa - siswa setelah dilakukan penilaian adalah rata â rata 7,7. Hasil belajar yang diperoleh ini, menunujukan telah terjadi perubahan dari hasil ang di peroleh sebelum dilakukan tindakan kelas,di mana sebelumnya nilai rata ârata 7,5 dengan demikian terjadi peningkatan sebesar rata â rata 1,2. Kesimpulan: Kegiatan belajar mengajar dengan metode pendekatan cerita, meningkatkan keaktifan siswa, kelas I SDN Inpres 02 Bumiraya. Kegiatan belajar mengajar dengan pendekatan cerita meningkatkan hasil belajar pendidikan Jsmani baik secara teori maupun praktek pada siswa kelas I SDN Inpres 02 Bumiraya. Kata Kunci : Konsep Berjalan. Pendekatan, Cerita
Copyrights © 2014