Edu Riligia: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan
Vol 5, No 4 (2021): Oktober-Desember

INTEGRASI KURIKULUM PENDIDIKAN BERBASIS MULTIKULTURAL

Masdar Limbong (Dosen STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi)
Firmansyah Firmansyah (Dosen STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi)
Fauzi Fahmi (Dosen STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2022

Abstract

Kualitas lulusan pendidikan era disrupsi tidak terlepas dari keberhasilan kurikulum yang menaunginya. Kurikulum pendidikan begitu penting dalam mencapai tujuan pendidikan. Tujuan dari penelitian yang dilakukan ini guna mendeskripsikan terkait pengembangan kurikulum pendidikan yang diterapkan berbasis multikultural di lembaga pendidikan. Pada penelitian yang dilakukan ini menggunakan metode studi kepustakaan yang mengandalkan dari sumber bibliografi seperti artikel jurnal ilmiah dan buku yang berkaitan dengan pokok pembahasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi dari kurikulum pendidikan berbasis multikultural mampu menggabungkan perbedaan kultural peserta didik, menciptakan pemahaman terhadap kebudayaan orang lain, adanya sikap toleransi antar peserta didik, membangkitkan semangat kebangsaan antar peserta didik, menjaga sikap dan perilaku yang baik serta menyamaratakan kesamaan antar peserta didik. 2) Implikasi kurikulum pendidikan multikulturl dari masa ke masa meliputi tiga dimensi yaitu kurikulum sebagai ide, kurikulum sebagai dokumen dan kurikulum sebagai proses.

Copyrights © 2021