Jurnal Riset Pendidikan Dasar
Vol 5, No 1: APRIL 2022

MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII DALAM PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER

Fajri Basam (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memotret hasil dan motivasi belajar IPA siswa dalam pembelajaran menggunakan model kooperatif Numbered Head Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment (eksperimen semu). Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest-Only Control Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan angket motivasi. hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model NHT paling banyak berada pada kategori cukup yaitu sebanyak 8 siswa atau sebesar 38,1% dan motivasi belajar siswa pada kelas yang dibelajarkan dengan menggunakan model NHT termasuk dalam kategori tinggi yakni 11 orang siswa atau sebesar 52,4%. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa dengan model NHT belum mampu mencapai ketuntasan klasikal sedangkan motivasi belajar tergolong tinggi yaitu 15 orang dari 21 (71,4%) memperoleh skor di atas 68.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jrpd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) [p-ISSN 2615-1723 | e-ISSN 2615-1766] menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa Indonesia dan studi sosial untuk tingkat pendidikan dasar. Jurnal ini menerbitkan studi penelitian yang menggunakan berbagai metode dan ...