Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat (The Public Health Science Journal)
Vol 11 No 06 (2022): Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat

Evaluasi Kepercayaan dan Pengaruhnya terhadap Loyalitas Peserta JKN-KIS

Ngesti Wahyuning Utami (Program Studi D-III Asuransi Kesehatan Poltekkes Kemenkes Malang, Jurusan Kesehatan Terapan, Poltekkes Kemenkes Malang)
Moh. Wildan (Program Studi D-III Asuransi Kesehatan Poltekkes Kemenkes Malang, Jurusan Kesehatan Terapan, Poltekkes Kemenkes Malang)
Eko Rahman Setiawan (Program Studi D-III Asuransi Kesehatan Poltekkes Kemenkes Malang, Jurusan Kesehatan Terapan, Poltekkes Kemenkes Malang)
Ayu Tyas Purnamasari (Program Studi D-III Asuransi Kesehatan Poltekkes Kemenkes Malang, Jurusan Kesehatan Terapan, Poltekkes Kemenkes Malang)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2022

Abstract

BPJS Kesehatan bertugas melaksanakan pemasaran produk Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) serta mengelola kepesertaan JKN-KIS. Peserta JKN-KIS Kota Malang pada 2019 sekitar 83,14% dari jumlah penduduk. Meskipun tahun 2020 telah mencapai 96%, namun masih terdapat peserta mandiri JKN-KIS sebesar 9,9% (82.197 jiwa) yang menunggak bayar iuran per Mei 2020. Hal ini menggambarkan bahwa ada ketidakloyalan masyarakat sebagai peserta JKN-KIS. Kepuasan dapat mempengaruhi peserta untuk bertahan dan loyal menjadi peserta JKN-KIS. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi kepercayan pelanggan dan pengaruhnya terhadap loyalitas peserta JKN-KIS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional design, dengan populasi peserta JKN-KIS kota Malang sebanyak 827.885 jiwa, dengan jumlah sampel 122 orang yang dihitung dengan rumus Slovin dan diplih secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan 84,4% peserta JKN-KIS percaya terhadap kegiatan layanan kesehatan yang diberikan fasilitas kesehatan dan juga layanan BPJS serta 73,7% peserta JKN-KIS loyal terhadap kepesertaan JKN/BPJS. pengaruh yang bermakna antara kepercayaan dengan loyalitas peserta JKN-KIS di Kota Malang (P-value = 0,0005). Direkomendasikan kepada BPJS untuk terus meningkatkan dan memperhatikan kepercayaan peserta JKN-KIS.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jikm

Publisher

Subject

Public Health

Description

JIKM menerima naskah publikasi dari hasil penelitian atau naskah tinjauan pustaka (literature review) yang belum pernah dan tidak akan dipublikasikan di tempat lain dalam bentuk cetakan maupun digital (e-journal). Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat (JIKM) mencakup artikel di bidang Manajemen Pelayanan ...