AR-RAZI Jurnal Ilmiah
Vol 10, No 2 (2022): JURNAL ILMIAH AR-RAZI

PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASSESSMENT AFEKTIF BERBASIS SELF DAN PEER ASSESSMENT PADA PRAKTIKUM KIMIA ORGANIK

Devina Siti Hafsah (Unknown)
Hairida Hairida (Universitas Tanjungpura)
Ira Lestari (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk instrumen assessment afektif berbasis self dan peer assessment pada materi Saponifikasi yang layak digunakan dalam praktikum Kimia Organik Polifungsi dan Makromolekul. Metode penelitian dan pengembangan (R&D) diadaptasi dari pengembangan Borg & Gall. Subjek penelitian ini merupakan instrumen assessment sikap berbasis self dan peer assessment pada praktikum Kimia Organik materi Saponifikasi yang diujikan kepada 48 mahasiswa. Berdasarkan analisis data menunjukan bahwa instrumen assessment sikap berbasis self dan peer assessment pada materi Saponifikasi pada praktikum Kimia Organik Polifungsi dan Makromolekul memiliki kriteria sangat layak dengan rincian ditinjau dari aspek materi tergolong sangat layak sebesar 86,56% dan dari aspek bahasa tergolong sangat layak sebesar 88,65%. Hasil respon mahasiswa terhadap instrumen assessment tergolong tinggi dengan rata-rata sebesar 72,14%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ar-r

Publisher

Subject

Chemistry

Description

Jurnal Ilmiah Ar Razi terbit dua kali dalam setahun pada bulan Februari dan Agustus. Jurnal Ilmiah Ar Razi merupakan wahana publikasi ilmiah dari hasil penelitian atau telaah artikel yang dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Muhammadiyah ...