Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Project Based Learning ditinjau dari hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik kelas XI TITL di SMK Muhammadiyah 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini, desain pra-eksperimental digunakan. Instrumen penelitian ini berupa soal yang dibagikan kepada peserta didik di dalam kelas soal ini diuji coba terlebih dahulu kepada peserta didik untuk mengetahui valid dan reliabel instrumen ini. Penelitian ini dilakukan di kelas XI TITL dengan jumlah responden 16 orang dan hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis butir soal SMK Muhammadiyah 1 Padang efektif digunakan sebagai metode pembelajaran. Artinya hasil belajar Peserta didik pada kelas tersebut mengalami peningkatan, maka pembelajaran dengan model pembelajaran project based learning instalasi penerangan listrik kelas XI TITL di SMK Muhammadiyah 1 Padang dikatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022