AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengenalisis :1) Pengetahuan BPRS HIK Parahyangan Cabang Ciamis, 2) Kualitas pelayanan terhadap BPRS HIK Parahyangan Cabang Ciamis, 3) Fasilitas terhadap BPRS HIK Parahyangan Cabang Ciamis, dan 4) Pengaruh Pengetahuan,Kualitas Pelayanan dan Fasilitas secara parsial dan simultan terhadap Minat Menabung Tabungan Wadiah di BPRS HIK Parahyangan Cabang Ciamis.Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Tempat yang menjadi objek penelitian yaitu Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) HIK Parahyangan Cabang Ciamis yang beralamat di Jl. Jendral Sudirman No.357 Ciamis Kec. Ciamis Kab. Ciamis Jawa Barat. Hasil dari analisis menunjukan bahwa secara parsial variabel Pengetahuan BPRS HIK Parahyangan Cabang Ciamis, Kualitas pelayanan dan Fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung, di buktikan dengan nilai signifikansi variabel Pengetahuan BPRS HIK Parahyangan Cabang Ciamis 0.000 < alpha 0,05, nilai signifikansi variabel Kualitas Pelayanan 0.000 < alpha 0,05, dan nilai signifikansi variabel Fasilitas 0.000 < alpha 0,05.Sehingga keputusanya H3 diterima dan H0 di tolak. Secara simultan variabel Pengetahuan BPRS HIK Parahyangan Cabang Ciamis, Kualitas Pelayanan dan Fasilitas mempunyai pengeruh yang signifikan terhadap minat menabung. Hal ini di buktikan dengan nilai signifikansi F statistik 0.000 yang lebih kecil 0,05. Kemudian variabel Pengetahuan BPRS HIK Parahyangan Cabang Ciamis, Kualitas pelayanan dan Fasilitas mempunyai kontribusi menjelaskan minat menabung sebesar 84,8% (100% - 84,8% = 15,2%). Sedangkan sisanya yaitu 15,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak terdapatdalam penelitian ini.Kata Kunci: Minat Nasabah,Tabungan Wadiah, BPRS
Copyrights © 2022