Rumusan masalah dalampenelitian ini adalah apakah terdapat hubungan antara status gizi dengan prestasi belajar penjas siswa SMP Negeri 3 Dumoga Tahun 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara status gizi dengan prestasi belajar penjas siswa SMP N 3 di Dumoga tahun 2014. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan teknik korelasional menggunakan rumus pearson product dengan sig. É = 0,05. Populsi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2 SMP Negeri 3 Dumoga yaitu sebanyak 73 orang. Sampel sebanyak 38 orang. Instrumen yang digunakan adalah Tes Antropometri dan Hasil Belajar siswa. Hasil penelitian didapatkan korelasi sebesar r = 0,18. Kemudian dilanjutkan dengan uji signifikansi yang berfungsi mengetahui makna hubungan antar variabel, dan hasil analisis menunjukan bahwa hipotesis penelitian ditolak. Kesimpulan penelitian adalah berdasarkan data yang ada bahwa tidak terdapat hubungan antara status gizi dengan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 3 Dumoga tahun 2014. Kata Kunci : Status Gizi, Prestasi Belajar Penjas.
Copyrights © 2015