Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) merupakan salah satu solusi untuk menjalankan kegiatan belajar-mengajar di tengah pandemi dan mengakibatkan mahasiswa tahun pertama mengalami stres akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab stres pada mahasiswa tahun pertama Fakultas Keperawatan Universitas Riau selama pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19. Desain penelitian deskriptif korelasi menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah 134 orang responden yang diambil berdasarkan kriteria inklusi menggunakan teknik total sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat untuk melihat distribusi frekuensi dan bivariat menggunakan uji chi-square. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner stres Depression Anxiety Stress Scale (DASS) dan Perceived Stress Scale (PSS) melalui google form terdiri dari 28 pernyataan yang telah diuji validitas dengan r hitung 0,599-0,802 > r tabel (0,444) dan r hitung 0,548-0,740 > r tabel (0,444). Hasil penelitian ini diketahui bahwa mayoritas mahasiswa mengalami stres sedang (52,2%). Hasil penelitian ini menunjukkan faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat stres pada mahasiswa adalah tugas dan beban pembelajaran (p = 0,002), teman seangkatan (p = 0,003) dan lingkungan belajar (p = 0,004). Faktor yang tidak berhubungan dengan tingkat stres mahasiswa adalah pengetahuan (p = 0,060), dukungan orang tua (p = 0,785) dan dukungan dosen (p = 0,142). Tingkat stres akademik mahasiswa baru Fakultas Keperawatan Universitas Riau berada pada kategori sedang.
Copyrights © 2022