Jurnal Vini Vidi Vici
Vol 3, No 1 (2015): Ilmu Keolahragaan 2015

PENGARUH PENERAPAN UMPAN BALIK LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR KETRAMPILAN SERVIS ATAS DALAM PERMAINAN BOLA VOLI PADA SISWA PUTRA SMP ADVEN TONDANO

Loho, Makdalin (Unknown)
Pontoh, Paul (Unknown)
Sattu, Yuliana (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2015

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian iniadalah :Apakah penerapan umpan balik langsung dapat meningkatkan keterampilanservis atas dalam permainan bola voli pada siswa-siswa SMP Advent Tondano tahun ajaran 2013 / 2014? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah proses belajar degan metode  umpan  balik langsung  mempunyai  pengaruh  yang baik terhadap prestasi belajar keterampilan servis atas pada siswa SMP Advent Tondano. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa putra SMP  Adven Tondano 30 orang yang diambil secara acak sederhana atau menggunakan teknik simple random sampling dengan cara pengadaan undian, yang dibagi dalam dua kelompok yaitu kelompok eksperimen berjumlah 15 orang dan kelompok kontrol berjumlah 15 orang. Waktu penelitian dilaksanakan selama satu bulan dengan frekuensi tiga kali seminggu. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pre-test and post-test randomized two group design. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah test keterampilan servis atas dalam permainan bola voli. Hipotesa penelitian adalahPenerapan  umpan balik Iangsung memberi pengaruh  terhadap peningkatan hasil belajar keterampilan servis atas dalam permainan bola voli pada siswa SMP Advent Tondano. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisis statistik uji-t, yang terlebih dahulu diawali dengan pengujian persyaratan analisis yaitu uji normalitas data dan uji homogenitas varians. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Penerapan umpan baliklangsung meningkatkan keterampilan servis atas dalam permainan bola voli kelompok eksperimen.; 2) Terjadi peningkatan keterampilan servis atas dalam permainan bola voli yang signifikan pada kelompok eksperimen setelah diberikan perlakuan dengan umpan balik langsung; 3) Tidak terjadi peningkatan keterampilan servis atas dalam permainan bola voli pada kelompok kontrol.; 4) Keterampilan servis atas dalam permainan bola voli ditemukan lebih baik pada kelompok eksperimen dibanding kelompok kontrol. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh penerapan umpan balik langsung terhadap peningkatan hasil belajar servis atas dalam permainan bola volipada siswa putra SMP Advent Tondano. Kata kunci :Umpan balik langsung, keterampilan servis atas

Copyrights © 2015