Rumusan masalah dalam penelitian ini, apakah terdapat hubungan antara motivasi belajar dan hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan jasmani siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Manganitu Selatan di Kaluwatu Kabupaten Sangihe tahun ajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan jasmani siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Manganitu Selatan di Kaluwatu Kabupaten Sangihe tahun ajaran 2014/2015. Metode yang dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik korelasional. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Manganitu Selatan di Kaluwatu Kabupaten Sangihe dengan jumlah kelas 42  siswa yang terdiri dari laki-laki berjumlah 24 siswa dan perempuan berjumlah 18 siswa. Instrumen penelitian ini adalah motivasi belajar menggunakan angket dan hasil belajar mengunakan dokumentasi atau nilai hasil raport siswa. Hipotesis penelitian terdapat hubungan positif antara motivasi belajar dan hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan jasmani siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Manganitu Selatan di Kaluwatu Kabupaten Sangihe tahun ajaran 2014/2015. Analisis data mengunakan analisis statistik korelasi Pearson Product Moment yang di lanjutkan dengan rumus koefisien determinan pengujian lanjutan mengunakan rumus uji-t, sebelum yang terlebih dahulu diawali dengan pengujian persyaratan analis yaitu uji normalitas data. Hasil perhitungan hipotesis penelitian diperoleh thitung = 11.718  ttabel = 2.021. Dengan taraf kepercayaan α 0.05. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar mata pelajaran pendidikan jasmani siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Manganitu Selatan di Kaluwatu Kabupaten Sangihe. Kata kunci : Motivasi belajar, Hasil Belajar Pendidikan Jasmani
Copyrights © 2015