Rumusan masalah  penelitiannya adalah apakah dengan penerapan permainan invasi dapat meningkatkan waktu aktif belajar siswa?. Penelitian ini secara umum bertujuan menambah pembendaharaan pengetahuan mengenai penerapan permainan invasi terutama dalam meningkatkan waktu aktif belajar siswa dan sebagai alternative  guna meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan jasmani dan ingin memperoleh gambaran mengenai penerapan permainan invasi dalam upaya meningkatkan waktu aktif belajar siswa mata pelajaran pendidikan jasmani. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Class Action Research. Penelitian dilaksanakan di SDN 2 Salogo Bolsel, kelas IV (empat) dengan  jumlah  siswa 39 orang, kegiatan  penelitian  ini  meliputi pemberian materi pembelajaran pendidikan  jasmani melalui  penerapan permainan invasi. Hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I menunjukkan belumterjadi peningkatan, sedangkan pada siklus 2, menunjukkan bahwa pembelajaran dalam kondisi apapun guru harus mampu melakuakn aktivitas pembelajaran, metode yang digunakan harus bervariatif, kedekatan dengan murid salah satu kunci terlaksananya komunikasi yang baik antara guru dan murid, reward (pujian) dan motivasi senantiasa diberikan pada siswa agar tetap semangat, pengawsan terhadap siswa harus melekat, dengan menerapakan permainan invasi dapat meningkatkan waktu aktif belejar siswa, begitu juga antusiasme siswa terjadi peningkatan yang sangat baik, siswa terlihat menyenangi pembelajaran yang diberikan oleh guru, motivasi belajar siswa pun menjadi meningkat ketika Guru tidak henti memberi semangat pada siswa, melalui permainan invasi kategori managerial, instruksi, dan waiting tidak banyak membuang waktu, dengan menggunakan peralatan modifikasi, minimnya sarana dan pra sarana dapat teratasi. Berdasarkan hasil analisis dan hasil pengolahan data, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan permainan  invasi dalam pembelajaran pendidikan jasmani dengan latar penelitian tindakan kelas, memberikan peningkatan yang bermakna terhadap waktu aktif belajar siswa, serta antusiasme belajar  siswa selama mengikuti pembelajaran Pendidikan Jasmani siswa Kelas IV di SDN 2 Salongo Bolsel . Kata Kunci : Permainan Invasi, Waktu Aktif Belajar, Penjas
Copyrights © 2015