Peka : Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntasi FKIP UIR Pekanbaru
Vol. 6 No. 2 (2018): Desember

PENGARUH KOMPETENSI GURU EKONOMI TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 2 PEKANBARU

T Ummi Salamah (Unknown)
Nurhuda Nurhuda (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2018

Abstract

Abstrak Kompetensi keguruan erat kaitannya dengan hasil belajar. Salah satu faktor yang mempengaruh hasil belajar adalah kompetensi guru, yang terdiri dari empat kompetensi keguruan : (1) kompetensi pedagogik, (2) kompetensi kepribadian, (3) kompetensi sosial, (4) kompetensi professional. Begitu pula dengan hasil belajar ekonomi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh masing-masing kompetensi keguruan (kompetensi pedagogik X1, kompetensi kepribadian X2, kompetensi sosial X3, dan kompetensi professional X4) terhadap hasil belajar siswa Y. dan seberapa besar pengaruhnya. Penelitian ini dilaksanakan bulan juli 2016, populasi dalam penelitian ini adalah SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru dengan sampel adalah kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru yang berjumlah 80 orang. Pengumpulan data data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket, dokumentasi, dan wawancara, untuk melihat apakah ada pengaruh kompetensi guru ekonomi terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru yang diwakili oleh 16 indikator. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh kompetensi sosial guru ekonomi terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru sebesar 85,0%. Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial, dan Kompetensi Profesional Guru Ekonomi. Hasil Belajar Ekonomi Siswa

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Peka

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Peka bertujuan untuk menggali dan menerbitkan tulisan tentang isu-isu terkini terkait dengan pengajaran dan pembelajaran ekonomi dan akuntansi baik pada tingkat sekolah menengah dan pendidikan ...