Peka : Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntasi FKIP UIR Pekanbaru
Vol. 7 No. 1 (2019): Juni

IMPLEMENTASI SISTEM FULL DAY SCHOOL TAHUN AJARAN 2017/2018 (STUDI KASUS SMA NEGERI 8 PEKANBARU)

Eka Dewi Triani (Unknown)
Nurhuda Nurhuda (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2019

Abstract

Abstrak Maju atau tidaknya suatu negara dipengaruhi oleh faktor pendidikan. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, pemerintah menerapkan sistem full day school. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa, guru dan orangtua terhadap implementasi full day school di SMA Negeri 8 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari para informan dan arsip dokumentasi. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, dokumentasi, wawancara, dan kuesioner, dengan peneliti sebagai instrumen utama. Hasil penelitian di SMA Negeri 8 Pekanbaru disimpulkan sebagai berikut; 1) Masih banyak guru, siswa dan orangtua yang kurang paham tentang full day school; 2) Kurangnya sarana dan prasarana di SMA Negeri 8 Pekanbaru untuk menunjang pelaksanaan full day school; 3) Pemanfaatan waktu yang tidak sesuai dengan ketentuan full day school. Oleh sebab itu, perlu dilakukan sosialisasi yang lebih intensif kepada guru, siswa, dan orangtua mengenai full day school, agar full day school dapat terlaksana dengan baik. Kata Kunci: Implementasi Full Day School

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Peka

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Peka bertujuan untuk menggali dan menerbitkan tulisan tentang isu-isu terkini terkait dengan pengajaran dan pembelajaran ekonomi dan akuntansi baik pada tingkat sekolah menengah dan pendidikan ...