Peka : Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntasi FKIP UIR Pekanbaru
Vol. 7 No. 1 (2019): Juni

PENGARUH STRATEGI MURDER DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PEER TUTORING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IIS DI SMAN 4 PEKANBARU

Fitri Munawaroh (Unknown)
Purba Andy Wijaya (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2019

Abstract

Abstrak Penelitian ini bermaksud untuk melihat adanya dampak penggunaan strategi MURDER dengan model pembelajaran Peer Tutoring terhadap hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Ekonomi kelas XI IIS di SMAN 4 Pekanbaru. Berdasarkan observasi atau pengamatan dilapangan bahwasanya hasil belajar peserta didik masih kurang memadai padahal pendidik telah melakukan uji coba model pembelajaran. Salah satu cara yang dapat dilakukan agar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah dengan melakukan pengembangan strategi dan model pembelajaran dalam proses belajar. Subjek pada penelitian ini merupakan peserta didik kelas XI IIS 2 dan XI IIS 3. Subjek penelitian ditentukan dengan melakukan uji normalitas dan homogenitas sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Instrument pengumpulan data penelitian ini berbentuk tes dengan pilihan ganda yang terdiri dari 25 soal yang telah diuji kevalidannya dan kereliabelannya. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji Independent-test. Hasil penelitian terhadap strategi dan model pembelajaran yang dilakukan, maka diperoleh kesimpulan bahwa ada divergensi secara signifikan antara hasil belajar peserta didik dalam penggunaan strategi MURDER kolaborasi model pembelajaran Peer Tutoring dengan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode konvensional dengan nilai sig 0,001<0,05, sehingga Ho ditolak. Hasil dari analisis data dapat disimpulkan bahwa ada dampak strategi MURDER dengan model pembelajaran Peer Tutoring terhadap hasil belajar peserta didik. Kata kunci: Strategi MURDER, Peer Tutoring, Hasil belajar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Peka

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Peka bertujuan untuk menggali dan menerbitkan tulisan tentang isu-isu terkini terkait dengan pengajaran dan pembelajaran ekonomi dan akuntansi baik pada tingkat sekolah menengah dan pendidikan ...