Peka : Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntasi FKIP UIR Pekanbaru
Vol. 7 No. 2 (2019): Desember

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LERNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS SISWA

Fitriani Fitriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan analisis siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Tapung dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian ini adalah kelas X IPA SMA Negeri 3 Tapung yang berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah: peningkatan analisis peserta didik mencapai 75%, penerapan pembelajaran sesuai RPP oleh guru mencapai 75%, dan ketuntasan belajar peserta didik sesuai KKM 78 mencapai 75% dan rata-rata kelas minimal 78. Dari hasil penelitian siklus I persentase penerapan pembelajaran sesuai RPP siklus I 67,5% dan siklus II 80,75%, ketuntasan belajar siklus I 64,55% dengan rata-rata kelas 76 dan ketuntasan belajar siklus II 90,91% dengan rata-rata kelas 85. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL dapat meningkatkan kemampuan analisis peserta didik. Kata kunci: Model Pembelajaran Problem Based Lerning (PBL), Kemampuan Analisis

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Peka

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Peka bertujuan untuk menggali dan menerbitkan tulisan tentang isu-isu terkini terkait dengan pengajaran dan pembelajaran ekonomi dan akuntansi baik pada tingkat sekolah menengah dan pendidikan ...